Beragam Kuliner Khas Toraja yang Populer

ragam kuliner khas toraja yang populer

Beragam Kuliner Khas Toraja yang Populer

Toraja adalah salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Indonesia, tidak hanya di Indonesia Toraja juga sangat terkenal hingga mancanegara karena mempunyai unsur kebudayaan dan upacara adat yang sangat unik. Toraja juga menjadi tujuan para wisatawan karena memiliki nilai adat yang tinggi. Jadi buat anda yang berkunjung ke Tanah Toraja, anda dapat menemukan banyak hal-hal unik dan menarik yang belum pernah anda temui di daerah manapun, maka dari itu sangat penting bagi anda yang ingin berkunjung ke Tanah Toraja untuk mengetahui kebudayaan yang ada di Tanah Toraja terlebih dulu.

 baca: 16 tempat wisata tanah toraja yang terbaru wajib dikunjungi

Selain keunikan adat dan budaya yang dimiliki suku Toraja,Toraja juga mempunyai banyak sajian makanan khas yang tak kalah menarik dengan daerah lain. Masing-masing daerah di Indonesia ini memang mempunyai makanan khas yang diunggulkan dan cita rasa yang enak, begitu juga dengan Tana Toraja. Jika Anda hanya mengenal Tana Toraja dengan berbagai budayanya, maka kali ini Anda harus mencicipi beberapa kuliner khas atau makanan khas Toraja. Makanan khas Toraja ini tidak kalah menarik dan unik dibandingkan dengan makan khas yang dimiliki  daerah tersebut.


Berikut ini penjelasan mengenai beberapa kuliner khas suku Toraja yang populer :

1. Deppa Tori

Deppa Tori merupakan kulier khas suku Toraja yang kerap di jadikan sebagai camilan, kuliner yang satu ini sangat cocok menjadi teman ngemil anda saat bersantai sambil menikmati indahnya Tanah Toraja apalagi di tambah dengan segelas kopi khas Toraja. Deppa tori ini dibuat dari tepung beras, yang dicampur dengan gula merah dan ditambahkan dengan bahan lainya seperti wijen, berikut gambarnya.

kuliner deppa tori khas toraja

Proses pembuatan Deppa Tori yaitu dengan cara digoreng hingga terlihat renyah. Kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner yang harus anda coba ketika berwisata ke Toraja. Kuliner ini juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu oleh-oleh dari Toraja. Selain itu kuliner deppa tori khas toraja ini juga tidak sulit anda dapatkan ketika berkunjung ke toraja.


2. Kapurung Khas Toraja

Kuliner yang satu ini sangat unik tidak kalah enaknya dengan kuliner khas Toraja lainya. Kuliner kapurung khas Toraja ini harus anda coba. Kapurung yang berbahan dasar sayuran, ikan dan juga sagu ini diolah menggunakan bumbu tertentu, agar tercipta cita rasa unik, dan tentunya sangat menggugah selera makan anda.

kuliner khas toraja kapurung

Kapurung khas Toraja ini tentunya berbeda dengan kapurung yang ada di daerah lain, setiap daerah pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Berbagai jenis sayuran yang terdapat dalam kapurung khas toraja ini cukup banyak, seperti jantung pisang, kacang panjang, kangkung, dan juga labu merah muda. Selain sayuran kapurung khas toraja ini terdapat Ikan yang digunakan untuk melengkapi kuliner ini diantaranya ikan teri goreng dan ikan bandeng atau udang sesuai selera anda.


3. Pantollo Bale / ikan

Kuliner selanjutnya yaitu Pantollo bale, Pantollo Bale ini dalam bahasa Toraja yang berarti ikan. Dalam pembuatan Pantollo Bale sama dengan Pantollo Pamarrasan, dimana yang menjadi bumbu utamanya yaitu kluwak, teknik memasaknya mirip seperti rawon, namun ditambah dengan beberapa bahan lain. seperti gambar di bawah ini yang dapat anda lihat.

Pantollo Bale / ikan kuliner khas toraja

Kuliner ini menjadi kuliner populer di Tanah Toraja karena rasanya yang sangat enak dan mudah di dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Pantollo Bale / ikan ini biasanya dapat di temukan pada saat acara adat, dan termasuk salah satu menu favorit masyarakat Suku Toraja.
Pantollo Bale / ikan ini berbahan dasar Ikan mas dan ikan tongkol, Untuk teknik memasaknya, hanya digoreng atau dipanggang, karena tidak menggunakan kuah.


 4 . Pantollo Lendong / Belut

Seperti gambar di bawah ini, kuliner yang satu ini juga tak kalah populernya dengan kuliner lainya, dengan cita rasa yang sangat menggugah selera dan cukup jarang di temui di daerah lain. kuliner Pantollo Lendong ini berbeda dengan Pantollo Bale, Pantollo Lendong ini dalam bahasa toraja berarti belut, dari namanya saja pasti anda sudah tau pantollo lendong terbuat dari belut.

Pantollo Lendong khas toraja yang populer

Pantollo Lendong / Belut ini menjadi salah satu jenis makanan favorit dan pupuler di kalangan masyarakat suku Toraja, dan biasanya disuguhkan pada acara adat atau acara khas lainnya.


 5. Pokon

Makanan khas Toraja yang satu ini mungin sudah tidak asing lagi di lidah semua orang. Di daerah lain makanan khas Suku Toraja ini juga dapat di jumpai, tetapi memiliki nama yang berbeda, di daerah lain pokon disebut dengan sebutan lontong.

Pokon suku toraja

Tetapi sesungguhnya pokon dan lontong sangatlah berbeda yang membedakan yaitu ukuran, teknik membungkusnya, serta bahan utama yang digunakan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Pokon ini bukan beras putih atau beras ketan putih, melainkan beras ketan hitam, seperti gambar di atas.


6. Pa’piong manuk ayam / dangkot

Pa’piong manuk ayam sangat berbeda dengan Makanan-makan khas Toraja lainya. Pa’piong manuk ayam ini sangat unik dan menarik dapat dilihat dari tampilanya saja sudah sangat menggugah selera, jadi bagi anda yang berkunjung ke Toraja tidak lengkap rasanya jika belum mengicip makanan khas Toraja yang satu ini. Pa’piong manuk atau pa’piong ayam yang berarti menu makanan yang menggunakan bahan utama ayam. Tapi, sebenarnya makanan yang satu ini juga dapat dibuat dari berbagai macam bahan daging , seperti ikan, ayam, daging babi, atau bahan lainnya.

Pa’piong manuk ayam kuliner khas toraja

Daging ayam yang digunakan harus dicuci bersih, kemudian dicampurkan dengan berbagai macam bumbu tertentu, dan yang menjadi ciri khas dari kuliner Pa’piong manuk ayam ini menggunakan daun Mayana dan disajikan dengan bambu. Rempah-rempah lain yang biasanya juga ikut ditambahkan antara lain cabe rawit atau juga Lombok katokkon (cabe khas toraja),sehingga menciptakan cita rasa kuliner yang cukup pedas.


7. Dangkot daging kotte bebek

Dangkot daging kotte bebek merupakan kuliner khas suku toraja yang dibuat dari bahan bebek. Bebek yang diolah secara khusus,  menggunakan berbagai jenis bumbu khas Toraja.

Dangkot daging kotte bebek kuliner khas toraja yang populer

Dangkot daging kotte bebek merupakan Makanan khas yang memiliki banyak manfaat dan sangat baik untuk dikonsumsi, karena mengandung beberapa bahan tertentu yang berguna sebagai daya tahan tubuh anda. Selain itu, Dangkot daging kotte bebek juga dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh anda, mencegah anemia, serta beberapa manfaat lainnya. Selain manfaat yang dimiliki makanan yang satu ini juga cukup pedas, hal ini mampu meningkatkan selera makan anda.


8. Pangrarang / sate

Pangrarang dalam bahasa toraja berarti sate.  Sate khas toraja ini berbeda dengan sate pada umumnya yang sengaja dipotong-potong kecil, kemudian ditusuk, tetapi sate khas toraja ini sangat berbeda. Kuliner yang satu ini sangat populer meski disebut dengan sate, namun tidak dengan cara ditusuk. dapat dilihat pada gambar di bawak ini.

Pangrarang atau sate kuliner khas toraja


Sate khas toraja sangat berbeda dari segi penampilannya dengan sate pada umumnya, sate khas toraja ini menggunakan bumbu yang cukup sederhana, yaitu hanya menggunakan garam. Setelah tercampur rata, daging ini akan dibakar di atas bara api. Setelah matang, daging ini akan dimakan bersama cabe uleg dan ditambah perasan jeruk nipis. Jenis daging yang digunakan, biasanya daging ayam atau daging sapi.

baca: souvenir unik khas toraja
 

Related Posts:

0 Response to "Beragam Kuliner Khas Toraja yang Populer"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!