Wisata Kuburan Batu Tanah Toraja yang Mendunia

Wisata Kuburan Batu Tanah Toraja

Tana Toraja Kabupaten  yang terletak di Sulawesi Selatan ini memang terkenal karena budaya unik dan otentik yang masih dipertahankan. Lokasinya pun lumayan jauh, sekitar 7-8 jam perjalanan dari Makassar. Bagi anda yang belum tau bahwa Tana Toraja terbagi ke dalam dua kabupaten, yaitu Tana Toraja (bagian selatan) dengan pusat kota di Makale dan Tana Toraja dengan pusat kota di Rantepao. Makale dan Rantepao hanya berjarak kurang lebih setengah jam perjalanan ditempuh dengan kendaraan bermotor.



Latar Belakang Kuburan Batu di Toraja

Masyarakat Suku Toraja memiliki kebiasaan menguburkan jenazah di daerah tebing bukit kapur. Selain untuk melestarikan adat istiadat mereka, rupanya hal ini dilakukan karena, Secara geografis hanya 20% wilayah Tanah Toraja yang dapat digunakan untuk bertani, 80% sisanaya adalah tebing batu kapur.  Bisa dibayangkan jika  dimakamkan ke tanah mungkin sudah habis dataran rendah kami, membuat kami tidak bisa bertani lagi.

Belakangan ini sebagian besar dari masyarakat Suku Toraja sudah tidak lagi menguburkan sanak keluarganya di tebing-tebing bukit kapur. Lantaran dalam satu keluarga di masyarakat toraja tersebut ada yang multiagama.

Wisata Kuburan Batu yang Ada Di Tanah Toraja

Berikut ini adalah beberapa ggtempat wisata kuburan batu yang ada di Tanah Toraja seperti Tampang Alo, Lemo, suaya, sirope, landan dan londa. Kalian wajib berkunjung kesana ketika berada di toraja berikut penjelasanya:
Baca: Tempat wisata Terindah di Toraja

1. Wisata Kuburan Batu Lemo

Wisata Lemo Terletak 9 km di sebelah utara Kota Makale Toraja. Tempat Wisata ini yaitu kuburan batu pahat sebagai masyarakat toraja sebagai situs pemakaman purba bagi kepala-kepala suku Toraja pada saman dulu. Terdapat patung-patung sebagai simbol dari orang yang dimakamkan di tempat tersebut. Jika ingin berkunjung ke Makam ini sebaiknya pada pagi hari saat sang surya sedang menyinari wajah tebing.


Lemo merupakan salah satu kompleks makam yang sangat terkenal karena kuburan batu unik yang melekat ditebing berbatu yang tinggi. Peti mati tersebut biasanya di letakkan dalam tebing batu kapur. yang dilubangi dengan cara dipahat secara manual. Kata Masyarakat setempat satu lubang bisa diisi oleh satu keluarga.

2. Wisata Tampang Alo 

Gua Alam Tampang Allo terletak Kelurahan Kaero, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. berjarak 12 km dari Kota Makale, ketinggianya 807mdpl. Obyek wisata disana yaitu goa alam yang berisi peti mati kuno dan patung-patung milik bangsawan masyarakat setempat. Disana Juga terdapat kuburan bayi di sebuah pohon yang hidup di Sarapung.

destinasi Wisata Tampang Alo meupakan kuburran batu di tanah toraja

Didepan Tampang Allo terdapat hamparan sawah. makanya untuk masuki kawasan pemakaman batu Tampang Allo kita harus melewati pematang sawah sekitar 50m dari jalan poros. Di kuburan gua alam Tampang Allo terdapat erong (peti mayat berbentuk binatang), tau-tau (patung orang), tengkorak dan tulang-belulang manusi Toraja zaman dulu. Pada sekitar abad ke-16 penguasa Sangalla’, Sang Puang Menturino bersama istrinya Rangga Bulaan memilih Gua Tampang Allo sebagai tempat pemakamannya kelak jika mereka meninggal dunia.

3. Wisata Suaya 

Suaya Terletak 9 km arah timur Makale di Kecamatan Sangalla. Di sana terdapat tebing batu yang digunakan untuk pemakaman   milik raja-raja Sangalla.  Disana Terdapat beberapa patung (tau-tau) serta peti dari kayu yang berukirkan purba yang masyarakat setempat menyebutnya erong. Wisata Makam batu ini dipersembahkan untuk Puang Tamboro Langi’ dan keturunannya.

wisata kuburan batu Suaya di suaya

Gua disana berada cukup tinggi dari permukaan tanah. Masyarakat sekitar telah menjadikannya tempat tersebut untuk ziarah. Sebagaimana tradisi Masyarakat Suku Toraja yang sangat menghormati  para leluhur mereka. Disana Tersedia tangga batu yang memudahkan wisatawan untuk melihat-lihat ke keatas tebing batu tersebut. Warga sekitar mengatakan, tangga batu itu sudah ada sejak raja-raja masih hidup.

4. Wisata Sirope

Sirope Terletak 6 km dari Kecamatan Makale Utara. obyek ini merupakan pemakaman batu pahat di tebing-tebing batu kapur, erong dengan beberapa patung. Kompleks pemakaman ini merupakan milik kaum bangsawan Tanah Toraja.

wisata kuburan batu sirope di tanah toraja

Object ini tersebut adalah pemakaman batu di tebing-tebing batu kapur yang di fahat, Terdapat erong dengan sebagian patung. Seputar lokasi Lion serta Tondok Iring. Ada jalan untuk naik ke puncak untuk melihat panorama yang indah di sekitar lokasi tersebut.

5. Landan, Tondok Iring 

Landan, Tondok Iring Teletak di Tondok Iring Kecamatan Makale Utara sekitar 6 km arah timur Kota Makale. Tempat ini merupakan kuburan bati pada pohon hidup yang berumur ratusan tahun. Masyarakat sempat menjadikan pohon lamba sebagai tempat penguburan bayi yang belum tumbuh gigi karena menganggap mereka masih suci.

6. Londa 

Londa merupakan Tempat Wisata kuburan batu lainnya di Toraja terletak di Desa Sandai Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara. Wisata Londa merupakan bebatuan curam yang dijadikan pemakaman khas Tana Toraja. Di dalamnya terdapat peti mati, tulang dan tengkorak jenazah, sesajen bagi orang yang sudah mati. Juga terdapat patung-patung sebagai simbol orang yang telah dimakamkan di sana.

Londa Wisata kuburan batu di toraja

Begitu tiba dikawasan wisata londa, anda akan langsung melihat Tau-tau sdan juga peti mati jenazah (Enrong) tepat di depan Goa. Peti mati jenazah disana bervariasi. Ada yang modern, ada juga model kuno yang terbuat dari kayu dan punya bentuk yang masih khas. Uniknya lagi disana terdapat peti yang digantung, menurut masyarakat setempat semakin tinggi letak peti mati tersebut, semakin tinggi pula derajat orang tersebut di masyarakat.

Related Posts:

0 Response to "Wisata Kuburan Batu Tanah Toraja yang Mendunia"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!