Surga Bawah Laut di Pulau Karampuang MAMUJU


dermaga menuju Surga Bawah Laut di Pulau Karang Puang MAMUJU

Berwisata Di Pulau Karampuang

Pulau Karampuang merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 6 Km persegi. Pulau Karampuang merupakan lahan hutan kota Mamuju. Selain itu, pulau ini juga menjadi salah satu obyek wisata di Mamuju.
Pulau Karampuang menyimpan surga bawah laut yang tersembuanyi
Pulau Karampuang

Letak Pulau Karampuang ini sangat mudah untuk dijangkau karena pulau hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari kota Mamuju. Waktu yang diperlukan untuk menuju Pulau Karampuang yaitu sekitar 20 menit. Untuk menuju kawasan obyek wisata ini, anda bisa memulai perjalanan dari dermaga kota Mamuju. Dari dermaga ini, anda dapat menyewa perahu motor yang masyarakat setempat menyebutnya katinting dengan biaya sewa berkisar Rp 20.000 per orang.

akses menuju pulau karampuang

Bagi anda yang ingin berwisata kepulau karampuang ini, anda tidak perlu menghawatirkan masalah fasilitas, karna Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat telah  berfokus untuk mengembangkan objek wisata Pulau Karampuang. Mulai dariFasilitas gazebo dan dermaga telah dihadirkan untuk membuat wisatawan makin betah berlama-lama di Pulau Karampang ini.


Sekilas Tentang Pulau Karampuang

Arti dari kata Karampuang berasal dari bahasa Mamuju yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Rembulan atau bulan purnama. Menurut Masyarakat setempat mengatakan bahwa Sebenarnya nama asli dari pulau karampuang adalah Pulau Liutang akan tetapi ada seseorang biduan dari Mamuju, bernama Andi Maksum, yang memuji keindahan pulau itu ibaratkan rembulan dalam sebuah lagu yang berjudul Karampuang. Dari situlah akhirnya nama pulau karampuang ini melekat dan akhirnya lebih populer dari nama aslinya.
surga bawah laut di pulau karampuang yang begitu indah dan masih alami
Adapun versi lain mengenai asal nama Pulau Karampuang. diman Kara artinya karang, batu, atau pulau; dan Puang artinya bangsawan. Konon pada zaman dahulu pulau ini menjadi tempat persembunyian para raja ketika dikejar oleh tentara Belanda, di masa kolonialisme. 


Surga Bawah Laut Pulau Karampuan MAMUJU

Di kawasan pulau ini terdapat sebuah dermaga kayu sepanjang 500 meter yang dibangun dari garis pantai yang menjorok ke lautan. Tidak hanya itu Air laut di bawah dermaga juga sangat bersih dan jernih yang bisa membuat pengunjuk takjub dengan keindahan bawah laut yang bisa di liat langsung dari atas dermaga.
ermaga kayu sepanjang 500 meter dan dibangun dari garis pantai yang menjorok ke laut.
Dermaga Sepanjang 500m

Dermaga ini bisa kita temukan di bagian utara Pulau Karampuang. Air lautnya sangat bersih dan jernih sehingga memungkinkan setiap pengunjung di pulau ini untuk melihat keindahan laut yang mengagumkan. Jika ingin melihat keindahan bawah laut lebih dekat, Anda juga bisa menyelam. Bagi penggemar skin diving (selam dangkal) dan snorkeling (selam permukaan), Karampuang memang tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi itu.  
surga bawah laut pulau karampuang yang tersembunyi dan masih sangat alami
Keindahan Biota Laut Karampuang
Pulau Karampuang memiliki keindahan bawah laut yang berupa terumbu karang dan biota laut yang mengagumkan bagi siapa saja yang melihatnya. 
keindahan bawah laut yang berupa terumbu karang dan biota laut yang mengagumkan
Surga Bawah Laut Karampuang
Perlu anda ketahui bahwa Pulau Karampuang telah memegang  juara tiga nasional dengan kategori surga tersembunyi di bawah laut.

Wisata Lain Di Pulau Karampuang

Selain keindahan bawah lautnya di pulau karampuang juga terdapat beberapa destinasi wisata lainya yang wajib anda kunjungi ketika berada di pulau tersebut, Berikut penjelsannya:

Sumur Tiga Rasa

Di kawasan pulau karampuan juga terdapat sumur tiga rasa yang masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Sumur Jodoh. Sumur ini tepatnya berada di bagian selatan dari Pulau Karampuang. Aair di sumur ini memang memiliki 3 rasa yang berbeda yakni asin, tawar dan payau.


Sumur Tiga Rasa
Mitosnya Banyak dari kalangan masyarakat yang percaya bahwa sumur ini bisa mendatangkan jodoh bagi siapa saja yang meminum air dari sumur tersebut, Jodohnya berupa perjaka maupun pasangan hidup.

 Goa Lidah

Di pulau karampuang juga terdapat sebuah goa yang bernama Goa Lidah. Di gowa iniTerdapat tangga yang bisa digunakan untuk masuk kedalam gua hingga ke dalam. Dari luar, mulut gua ini terlihat kecil. Namun setelah masuk kedalam gua maka anda akan menjumpai ruangan gua yang begitu luas dengan dinding gua yang kokoh. 
Gowa Lidah

Bagi anda yang memasuki gowa tersebut Jangan heran jika menemukan banyak kelelawar di dalam gua tersebut maklum gowa tersebut memang merupakan rumah bagi kelelawar.

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan Pulau Karampuang lebih lama, anda bisa menginap di beberapa pondok penginapan yang telah disediakan, Pondok tersebut terbuat dari anyaman bambu dan pohon pinang sebagai tiangnya. Pondok klasik ini berada di antara pepohonan yang rindang sehingga anda akan merasa nyaman dan tenang membuat anda jadi betah berlama-alam di pulau ini.

Sekian ulasan singkat mengenai surga bawah laut destinasi wisata lain yang di pulau karampuang semoga memberi sedikit gambaran bagi anda yang belum berkunjung kesana.

Related Posts:

0 Response to "Surga Bawah Laut di Pulau Karampuang MAMUJU"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!