16 Tempat Wisata Tanah Toraja yang Terbaru Wajib Dikunjungi

16 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Tanah Toraja

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Tanah Toraja

Toraja atau yang lebih terkenal dengan sebutan Tana Toraja merupakan suatu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Wilayah ini dikenal sampai mancanegara, karena pemandangan alam yang begitu indah serta kebudayaan yang sangat unik membuat Tana Toraja menjadi tempat yang paling digemari oleh turis lokal maupun internasional. Tidak heran jika tempat wisata di Toraja selalu ramai dan diincar oleh para pelancong.

Tana Toraja begitu dikenal dengan penduduknya yang mempunyai keyakinan, aturan aturan hingga ritual adat yang masih sangat melekat pada masarakat. Bahkan hampir semua tempat wisata Tana Toraja memiliki aura mistis, sejarah masa lampau, hingga kepercayaan tertentu.
Baca: 5 Kebudayaan Unik Suku Toraja
Hal hal inilah yang akan membuat anda tertarik untuk mengenal Tana Toraja lebih dekat. Di bawah ini setidaknya ada 16 bahkan lebi tempat wisata di Tana Toraja yang wajib anda kunjungi ketika berada di sana, sangat  berkesan untuk anda berikut ulasanya:

1. Wisata Kete Kesu

Wisata kete kessu ini terletak di Toraja Utara, Berlokasi sekitar 4 Km dari Kota Ratenpao toraja, desa ini telah menjadi sebuah objek wisata yang paling populer dikunjungi oleh para pelancong saat berada di tanah toraja. Anda akan menemukan sebuah desa bernama Kete Kesu yang sangat indah dan unik.

tempat wisata di tanah toraja yang wajib dikunjungi
Kete Kessu

Desa Kete Kesu ini terletak  dikawasan perbukitan dan juga persawahan yang menyuguhkan view yang sangat indah dan menakjubkan, memanjakan mata anda dengan kehijauannya, anda juga menghirup udara yang masih sangat alami. Desa ini juga memiliki sebuah kompleks rumah adat Tana Toraja yang dikenal dengan sebutan Tongkonan, Tongkonan inilah yang sering digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan mayat sementara sebelum dikebumikan oleh warga setempat.

Di bagian atas tebing Desa Kete Kesu terdapat kuburan batu yang hampir mirip dengan perahu. pada kuburan tersebut terdapat tulang belulang dan tengkorak manusia yang telah meninggal pada zaman dahulu.

2. Wisata Londa

Berkunjung ke Tana Toraja kurang asik rasanya jika belum berkunjung ke Londa. Londa merupakan sebuah kompleks perkuburan yang berbeda dari kuburan pada umumnya, kuburan berada pada sebuah tebing batu besar. Wisata terletak tidak jauh dari Kota Rantepao sekitar 7 Km, hal menjadikan Londa sebagai salah satu tempat wisata Toraja yang paling banyak dikunjungi turis.

Wisata Londa merupakan tempat wisata yang wajib dikunjingi di toraja
Wisata Londa
Baca: 6 Destinasi Wisata Kuburan Batu Di Tanah Toraja
Wisata Londa sendiri dikelilingi oleh pegunungan sehingga menawarkan suasana yang sangat sejuk ketika anda berada di sana. Ada sensasi berbeda saat anda memasuki Londa, yakni nuansa gaib dan suasana dingin akan membuat bulu kuduk anda merinding. Wisata londa terdapat terdapat banyak lubang pada tebing yang sengaja dipahat untuk menempatkan peti mati berisi mayat. Akan Tetapi, tidak sembarang jenazah yang boleh diletakkan di sini. Penempatan mayat harus disesuaikan berdasarkan garis keturunan keluarga.

3. Wisata Museum Ne’ Gandeng

Tempat wisata berikutnya di Tana Toraja yang wajib dikunjungi salah satunya yaitu Museum Ne’ Gandeng Tempat wisata ini terletak di Desa Pelangi, Sa’dan Balusu, Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dulunya, bangunan ini merupakan sebuah tempat pelaksanaan prosesi penguburan Ne’ Gandeng yang meninggal pada 3 Agustus tahun 1994 silam.

tempat wisata baru yang wajib dikunjungi di toraja
Musium Ne'gandeng

Masyarakat Tanah Toraja dikenal memiliki pribadi yang sangat menghormati para leluhurnya. Sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk menjadikan lokasi pemakaman Ne’ Gandeng tersebut sebagai sebuah museum. Kini, museum ini telah banyak mendapat perhatian dunia dan menjadikannya sebagai salah satu objek wisata paling diminati.

4. Wisata Pallawa

Wisata Pallawa  yaitu  tempat wisata di toraja yang wajib dikunjungi
Wisata Pallawa

Tempat wisata di Toraja yang sangat mengesankan berikutnya yaitu Desa Pallawa yang terletak 12 Km dari kota Rantepao. Desa yang terletak di Kabupaten Toraja Utara ini memiliki banyak rumah adat unik yang dikenal dengan sebutan Tongkonan yah sama seperti rumah adat yang ada di kete kessu. Anda akan melihat rumah adat Toraja yang didesain dan didekor semenarik mungkin dengan menggunakan tanduk kerbau yang ditempatkan pada bagian depan Tongkonan.

5. Wisata Batu Tumonga

Tempat Wisata Yang satu ini Masih di Kabupaten Toraja Utara, anda akan menjumpai sebuah tempat wisata paling menakjubkan dan akan membuat anda betah berlama lama berada di sini. Batu Tumonga, merupakan salah satu lokasi yang cukup sayang jika anda lewatkan untuk menikmati keindahannya.

Wisata Batu Tumonga merupakan tempat wisata di toraja yang wajib di kunjungi
Batu Tumonga

Desa yang satu ini menawarkan pemandangan alam dari Kota Rantepao yang bisa anda saksikan dari ketinggian yang mencapai 1300 M di atas permukaan laut. Karena keberadaannya yang cukup tinggi, banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai ‘negeri di atas awan’. Sore hari adalah waktu yang sangat tepat bagi anda untuk menikmati senja.

6. Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

Jika anda berada di Kecamatan Sesean anda akan menjumpai tempat yang sangat unik ini, tempat ini bernama Kompleks Megalit Kalimbuang Bori. Anda akan melihat banyak sekali situs kuno yang dijuluki oleh masyarakat setempat yaitu Bori Parinding yang memiliki arti kuburan batu serta Rante yang artinya lapangan rumput luas yang dijadikan sebagai tempat untuk pelaksanaan pemakaman.

Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori di toraja yang wajib dikunjungi
Kalimbuang Bori

Dit empat ini juga terdapat banyak batu menhir (batu berdiri). Batu yang dengan sengaja didirikan oleh masyarakat setempat ini memiliki fungsi sebagai bukti menghormati para tetua adat atau  keluarga bangsawan yang telah meninggal dunia ratusan tahun silam.  Batu menhir ini telah berumur ratusan tahun dan menjadikanya  sebagai tempat sangat tepat untuk spot anda mengambil foto.

7. Wisata Ranteallo

Objek wisata yang satu ini Berada di Kecamatan Tallungpilu, Toraja, Sulawesi Selatan, Ranteallo merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi pada saat berada ditoraja tempat ini paling banyak dikunjungi oleh turis lokal hingga mancanegara. Ranteallo merupakan sebuah desa yang memberikan keindahan yang tidak akan anda dapatkan di tempat yang lain. Di sini anda akan menemukan sejumlah rumah adat Tana Toraja yang unik dan saling berhadapan satu sama lain.

tempat wisata yang wajib di kunjungi di toraja Wisata Ranteallo
Wisata Ranteallo

Uniknya, rumah rumah adat disana dibuat dengan bentuk serta ukuran yang sama. Sehingga memberikan kesan yang rapi dan tertata indah jika anda memandangnya dari jarak jauh. tak cukup sampai disitu, rumah adat Toraja ini juga mempunyai perpaduan warna yang cantik antara atap rumah dengan rerumputan di depan dan belakang rumah. Sehingga akan menjadi background yang menarik untuk mengabadikan gambar.

8. Wisata Air Terjun Kalean

Kita bergeser ke sebuah desa bernama Kalean, Marintang Simbuang, Kecamatan Mengkendek, Toraja, anda akan menemukan sebuah wisata alam yang sangat menakjubkan, yaitu Air Terjun Tujuh Tingkat merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi ada di desa ini. Uniknya, air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dengan ketinggian berbeda.

tempat wisata yang wajib dikunjungi di toraja
Air Terjun Kalean

Airnya yang masih sangat jernih dan bersih membuat banyak pelancong ingin segera nyemplung dan berendam di artejun ini. Bagi anda pecinta wisata alam terbuka, Air Terjun Tujuh Tingkat ini merupakan pilihan yang tepat untuk anda kunjungi.

9. Wisata Ollon

Tempat wisata berikutnya adalah Ollon yang terletak di Bau, Bonggakaradeng. Wisata Ollon ini menawarkan hamparan bukit hijau yang begitu luas, menjadikan tempat sangat cocok untuk keluarga menghabiskan akhir pekannya di tempat ini. Anda dapat berkemah dan mendapatkan pengalaman bermalam di bukit sambil menikmati sejuknya udara bukit serta menyaksikan keindahan alam yang di tawarkan.

Wisata Ollon merupakan tempat wisata yang wajib di kunjungi di toraja

Tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bermain bagi anak anak anda. Dengan bukit yang sangat luas, akan membuat anak anda lebih bebas dan nyaman untuk mendapatkan pengalaman menarik. Tidak sedikit juga yang menjadikan Ollon sebagai untuk spot prewedding atau sebatas berfoto biasa.

10. Wisata Toraja Negeri Diatas Awan Lolai Tongkonan Lempe

Tongkonan Lempe Lolai merupakan salah satu wisata terbaru yang ada di toraja utara. Lokasinya yang terletak kurang lebih 20 kilometer dari kota rantepao. Akses jalan ke objek wisata ini tergolong ekstrim dimana anda harus menempuhnya dengan mendaki gunung dengan jalan yang berkelok kelok.
Wisata Toraja Negeri Diatas Awan Lolai Tongkonan Lempe

Julukan negeri di atas awan lolai memang pas di berikan ke objek wisata lolai ini. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di ketinggian kurang lebih 1300mdpl. Selain karena ketinggiannya di lolai anda akan serasa di atas awan. Untuk mendapatkan sensasi di atas awan anda harusnya ada di lolai ini minimal pukul 4 subuh dini hari. Di tempat ini anda akan di manjakan dengan haparan tumpukan awan putih. Tak cukup sampai disitu anda juga akan di perlihatkan indahnya sunrise di atas awan.

11. Negeri Diatas Awan Totombi

Totombi negeri di atas awan berikutnya yang tdak kalah indanya dengan lolai merupakan salah satu objek wisata terbaru di toraja yang wajib di kunjungi dan lagi hits di tahun ini. Lokasinya ini hampir berdampingan dengan lolai tongonan lempe yang berada di dusun Lembang Desa Benteng Mullu, Kec Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan.


Di Totombi anda dapat menikmati pemandangan berasa di atas awan hal ini disebapkan karena anda akan melihat gundukan awan yang indah menutupi lembah. Berhubung lokasi ini terletak di ketinggian yang hampir sama dengan lolai anda di haruskan membawa jeket yang tebal karena suhu disana cukup dingin.Untuk menikmati pemandanagan di atas awan anda harus sudah ada di Totombi minimal jam 4 subuh sampai pagi hari. Untuk biaya masuk cukup terjangkau cukup 15k saja. Bagi anda yang ingin mengabadikan monumen tersebut, pengelola menyediakn spot khusus untuk berfoto.

12.Pango-pango Makale

Wisata pango-pango adalah tempat wisata tanah toraja yang tergolong wisata agro dimana wisata ini menyajikan keindahan alam yang indah di pandang tempat wisata ini wajib anda kinjungi dengan suasana hawa yang sejuk. Wisata ini terletak di kota makale tepatnya berada di puncak bukit yang belom di garap pemerintah.
tempat wisata yang wajib di kunjungi Pango pango Makale

Sesuia dengan tempatnya yang berada di puncak bukit maka masyarakat disekitar tempat wisata menyebutnya menamakan negeri di atas awan. Waduh kalau begitu di tanah toraja terdapat banyak daerah yang dinamakan negeri di atas awan. Maklum lokasi kabupaten tanah toraja memang berada di dataran tinggi dengan di kelilingi gunung yang tinggi jadi wajarlah banyak negeri di atas awan.

Sesaat anda tiba di pango pango anda akan menikmati begitu banyak pepohonan rindang dan semak belukar yang hijau. Di tempat wisata ini anda dapat menikmati panorama bukit dan gunung yang indah selain itu anda juga dapat melihat kota makale dari puncak gunung.

13. Air Terjun Talondo Tallu

Air terjun talondo merupakan salah satu air terjun yang ada di tana toraja. Air terjun ini terbilang unik di banding air terjun pada umumnya. Hal ini disebapkan karna air terjun ini bercabang tiga membuatnya tampak lebih unik di banding yang lainnya. Hal yang menyebapkan terjadinya percabangan ini karena pertemuan dua buah sungai dan menjadi satu sungai yaitu sungai talondo.

tempat wisata autdor yang wajib di kunjungi di toraja

Selain unik air terjun ini sangat segar dan dingin karna air khas dataran tinggi sangat dingin. Sehinga membuat nuansa lebih nyaman. Air terjun ini junga menyimpan nuansa-nuansa mistis, konon katanya di air terjun ini ada seekor belut besar yang biasa di sebut masapi. Belut tersebut tidak boleh di tangkap ataupun dimakan. Selain itu jika anda ingin ketempat ini tidak boleh menggunakan pakaian berwarna hitam.

14.Nature Ollon Tana Toraja

Nature ollon merupakan tempat wisata tanah toraja terbaru dan di beri gelar antimainstream yang ada di toraja. Objek wisata ini berada di desa ollon. Biasanya para wisatawan menamakan tempat wisata ini gunung teletabis di karenakan deratan gunung disini mirip dengan bukit bukit yang ada di teletabis. Panorama pemandangan alam yang indah akan anda dapatkan jika berkunjung ke ollon.

Nature Ollon Tana Toraja

Ditempat ini anda akan mendapatkan suasana yang sunyi dengan pemandangn yang takkalah indah dengan tempat wisata di indonesia lainnya. Bagi anda yang tinggal di sulawesi selatan anda wajib berkunjung di tempat wisata yang satu ini.

15. Wisata Patung Tuhan Yesus Terbesar

Bukit Buntu Burake merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang menyukai pemandangan pegunungan dan aktivitas mendaki hiking. Saat mengunjungi Tana Toraja, Anda harus mampir di lokasi ini. Jaraknya hanya kuran lebih 5 km dari Makale. Tempat terbaik untuk disaksikan yaitu Patung Yesus yang Ukurannya memang sangat besar.

patung tuhan yesus di toraja nyang wajib anda kunjungi

Di puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Makale. Beberapa bagian Kabupaten Tana Toraja juga terlihat jelas dari atas sana. Bagi yang suka fotografi, beberapa bagian bukit merupakan objek yang menarik dan terbaik untuk dipotret. Waktu yang tepat untuk berkunjung di tempat ini adalah, Anda bisa datang di pagi atau sore hari. Momen matahari terbit dan terbenam di sana sangat berharga.

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah trekking. Pengunjung yang datang ke lokasi ini akan tergoda untuk berkeliling bukit. Dengan demikian, Anda seharusnya datang dengan stamina dan pakaian serta perlengkapan yang tepat. Jika Anda hendak trekking, Anda harus mematuhi aturan yang belaku, Anda tidak diizinkan untuk membuang sampah sembarangan. Belum lagi Anda tidak boleh menulis apapun di atas batu. 

16. Jembatan kaca Tana Toraja

Jembatan kaca Tana Toraja bisa dibilang merupakan jembatan yang paling mengerikan di Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 90 meter dan berada di atas tebing yang sangat curam dan dalam. Kabarnya pembuatan jembatan kaca ini menelan biaya hingga Rp4 miliar.

tempat wisata terbaru yang wajib dikunjungi di toraja

Jembatan kaca Tana Toraja ini dibangun di area wisata religi Patung Yesus Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wisatawan yang datang ke destinasi ini tak perlu khawatir dengan keamanan. sebab jembatan kaca ini dibuat dengan  menggunakan kaca jenis tempered glass yang berstandar SNI buatan Indonesia yaitu dari Kota Surabaya.
Baca: Selengkapnya Mengenai Wisata Jembata Kaca di Toraja
Hal Yang perlu diketahui bagi wisatawan ketika menginjakkan kaki di jembatan kaca Tana Toraja ini tak boleh menggunakan sembarang sepatu atau alas kaki. Pengelola telah menyediakan 20 pasang sepatu khusus yang diimpor langsung dari negara China. Sehingga faktor kenyamanan dan keamanan pengunjung tetap jadi nomor satu. Dari atas jembatan kaca ini wisatawan dapat menikmati keindahan Patung Yesus setinggi 42 meter dan juga panorama alam Tana Toraja yang begitu eksotis dengan panorama perbukitannya.

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di tanah toraja, Pastikan anda mengutamakan kesehatan, agar liburan lebih aman dan menyenangkan.


Related Posts:

1 Response to "16 Tempat Wisata Tanah Toraja yang Terbaru Wajib Dikunjungi"

  1. Ijin promo yah gan...Mari Bergabung Dengan Website itudewa Situs judi online yang memberikan BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10% Untuk Semua Member BARU SETIAP HARINYA. -MINIMAL Deposit Rp.25.000 dan Withdraw Rp.50.000

    -Bonus Ajak Teman Kamu Bermain Refferensi S/D 100ribu
    -Bonus referral sebesar 20% seumur hidup
    -Bonus GEBYAR TURNOVER TERBANYAK 50JT
    -Bonus Rollingan 0,3
    -Bonus New Member 10%

    Akses ke 7 Game Hanya dengan 1 ID
    Tunggu apalagi ayo segera GABUNG di ITUDEWA
    Register : https://bit.ly/2Pgs1Gk

    HubungiKontak Kami :
    Line : ituDewa
    WhatsApp : +85561809401
    WeChat : OfficialituDewa

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!