Berwisata Diatas Awan | Tanah Toraja

Berwisata Diatas Awan | Kabupaten Toraja


kabupaten Toraja merupakan daerah pegunungan di sulawesi selatan dengan ibu kota yang bernama Makale.  Secara geografis, letak kabupaten Tana Toraja ini berada di sebelah Utara Provinsi Sulawesi Selatan dengan luas wilayah mencapai 1.990,22 km persegi (BPS 2017) dengan jumlah penduduk sekitar 283.214 jiwa (DKCS 2017). Toraja berbatasan langsung dengan Kab. Toraja Utara di sebelah utara, Kabupaten Mamasa Prov. Sulawesi Barat di sebelah barat dan Kabupaten Enrekang di selatan, serta Pinrang dan Kabupaten Luwu.

kabupaten toraja ini sudah terkenal hingga ke mancanegara karena memiliki keindahan alam dan pemandangan yang mengagumkan serta kaya akan tradisi budayanya. toraja juga memiliki Topografi yang sebagian besar relatif bergelombang dan berbukit, hal inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja. karena memiliki topografi yang relatif bergelombang dan berbukit menjadikan tanah toraja memiliki beberapa objek wisata bukit yang begitu indah dan tak terduga.

Berikut Destinasi Wisata Diatas Awan :

1. Negeri Diatas Awan Lolai

Negeri Diatas Awan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada sekitar 20 kilometer dari Ibukota Kabupaten Toraja Utara, Rantepao. destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, Para wisatawan menyebut destinasi wisata ini dengan sebutan Negeri di Atas Awan, karena lokasinya berada di ketinggian 1.300 mdpl. Hingga saat ini, Kampung Lolai tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.  

negri diatas awan lolai toraja


Hamparan awan dan langit membuat destinasi wisata ini sangat indah dimata,  pemandangan alam di tempat ini seolah tak ada habisnya. Pengunjung dapat melihat lautan awan putih yang memesona. Selain itu, anda juga dapat menikmati sunrise sambil di temani dengan segelas kopi. 

Pemandangan sunrise yang memukau semakin melengkapi destinasi wisata yang kerap disebut negri diatas awan ini. di sini juga terdapat deretan rumah tongkonan milik warga setempat yang disewakan untuk wisatawan sebagai homestay. tarif yang di patok untuk homestay inipun variatif, tergantung kesepakatan dengan pemiliknya. Selain itu, wisatawan juga dapat mendirikan tenda di sekitar kawasan.

Di negeri diatas awan ini, anda dapat menikmati atraksi paralayang seperti pada gambar  di bawah ini.

paralayang di toraja
Paralayang-Lolai

kegiatan paralayang ini menjadi hiburan tambah di kawasan destinasi wisata lolai, karena lokasinya yang berada di bukit ketinggian sehingga paragliding profesional dari seluruh Indonesia berlomba untuk berkunjung. biasanya negeri diatas awan lolai ini ramai penggunjung ketika di selenggarakan event toraja explorer yang digelar setiap bulan agustus.

cafe negeri di atas awan lolai
Cafe-Lolai

Selain pemandangan dan atraksi paralayang di lolai juga ada beberapa cafe yang menyediakan kopi dan teh hangat. ketika anda berkunjung ke destinasi wisata ini disarankan untuk membawa jaket tebal. karena di sana suhu bisa mencapai 16 derajat celcius.
 
Itulah sedikit ulasan mengenai keindahan dari pesona Lolai. Bagi anda yang ingin melihat sisi lain Sulawesi Selatan, sangat disarankan mengunjungi Negeri di Atas Awan Toraja.

2. wisata tondok lemo

wisata tondok lemo ini Terletak di Bera, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Toraja Utara. Wisata Alam ini menyajikan indahnya alam Toraja dengan jejeran gunung dan lembah sehingga membuat wisata tondok lemo menjadi destinasi wisata yang begitu menakjubkan. meski terbilang masih baru dan belum banyak wisatawan yang mengenal tetapi wisata ini juga tak kalah kerennya dengan destinasi wisata diatas awan lainya.

tondok lemo di toraja


Tondok Lemo ini juga memiliki pemandangan lautan awan yang indah dan menyediakan tempat minum kopi arabika asli Toraja. Minum kopi sambil menikmati pemandangan alam berupa landscape pegunungan yang membentang menjadi menu pelengkap yang sempurna. Selain itu, Pemandangan yang ada di Tondok Lemo, mungkin tidak terlihat di tempat lain di Toraja. Selain pemandangan alam yang indah, lokasi ini juga menyuguhkan nikmatnya Kopi Toraja dengan brand “Kopi Tondok Lemo”. di tondok lemo anda juga dapat melihat langsung rumah produksi kopi Tondok Lemo dan perkebunan kopi warga, lokasinya tidak jauh dari kawasan pegunungan tondok lemo.

rumah produksi kopi tondok lemo
Rumah produksi kopi-Tondok Lemo

Tondok Lemo ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua (sepeda motor) dan roda empat (mobil). Dari Makale Ibukota Tana Toraja, Tondok Lemo berjarak kurang lebih 30 kilometer, dan bisa ditempuh dengan waktu satu setengah jam bila menggunakan mobil dan satu jam bagi pengguna motor. walaupun harus melewati beberapa jalur yang cukup sulit, namun semuanya terbayar saat sampai di lokasi wisata.
baca: Beragam Souvenir Unik Khas Tanah Toraja
Di tempat ini juga telah dibuat resto cafe berbentuk perahu yang berhadapan langsung dengan pemandangan alam sehingga menjadi spot berfoto selfie.

resto cafe berbentuk perahu di tondok lemo
Resto Cafe-Tondok Lemo  

 

 3. Batutumonga

Batutumonga merupakan kota kecil yang terletak di ketinggian. kawasan ini berjarak sekitar 24 kilometer dari Rantepao. Destinasi wisata ini tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata diatas awan lainya, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang memukau selama perjalanan. Setiba di lokasi, hamparan awan putih menjadi sajian utamanya.

negeri diatas awan batutumonga


Pemandangan Kota Rantepao bisa tampak jelas dari bukit ini. Saat malam, cahaya lampu perkotaan terlihat eksotis dari atas batutumonga. Selain itu, suguhan sunrise di pagi hari pun patut dinikmati. Kemunculan matahari dari balik hamparan awan akan menjadi panorama yang tak boleh dilewatkan.
baca: Mengenal Uniknya Kebudaayan Suku Toraja
selain itu anda bisa bertemu dengan banyak ahli pemahat kuburan batu sambil melihat proses pembuatannya, ada juga makam di Lo’ko Mata. Penduduk setempat membuat tebing sebagai lubang untuk mayat. Di kawasan ini sering juga diadakan upacara pemakaman dalam skala besar.
Lo’ko Mata-Batutumonga

Jalan menuju Batumomonga bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor. Sayangnya, belum ada transportasi umum yang sampai ke sini. Batutumonga sebenarnya cukup mudah dicapai dari Rantepao, ibukota kabupaten Toraja Utara. Terletak di lereng gunung Sesean, lokasi ini hanya berjarak 22 kilometer dari Rantepao. Dengan kendaraan roda empat, Anda bisa mencapai tempat ini dengan lama perjalanan sekitar 45 menit.


4. Bukit Nato

Bukit NATO merupakan destinasi wisata yang sangat unik. Selain itu, pengelola destinasi wisata ini sangat keren konsep Parawisata Edukasi. Objek wisata ini hanya berjarak 7 KM dari kota Rantepao, dan memakan waktu sekitar 25 menit, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. di bukit Nato ini menyediakan beberapa spot untuk wisatawan yang ingin mengambil gambar, seperti Sarang Burung, Rumah Hobbit, Taman Bacaan dan Teras Pinus.

bukit nato di lolai


tak hanya spot-spot yang di sediakan, bukit nato juga termasuk destinasi wisata diatas awan karena di kelilingi hamparan lautan awan putih menjadikan bukit nato tampak lebih alami.


5. Agro Wisata Pango- Pango

selanjutnya ialah wasata agro pango-pango, yang terletak di Kecamatan Makale Selatan dan berjarak sekitar 5 km dari jalan poros Makale- Enrekang. Pango- Pango juga salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan awan yang menutupi Kota Makale dan sekitarnya di pagi hari. Di tempat ini terdapat hutan pinus yang dilengkapi dengan gazebo dan fasilitas lainnya.

wisata diatas awan Agro Wisata Pango- Pango



6. Ta’ Tombi Lolai

Totombi negeri di atas awan berikutnya yang tdak kalah indanya dengan lolai merupakan salah satu objek wisata terbaru di toraja yang wajib anda kunjungi. Lokasinya sama seperti Tongkoan Lempe Lolai, yang terletak di Kecamatan Kapala Pitu dan jarak kedua tempat ini saling berdekatan. Di Ta’ Tombi Lolai juga terdapat gazebo dan tenda sewa bagi yang ingin menginap di sini.

wisata ta' tombi lolai


Di Totombi anda juga dapat menikmati pemandangan berasa di atas awan hal ini disebabkan karena  Berhubung lokasi ini terletak di ketinggian yang hampir sama dengan lolai anda di haruskan membawa jeket yang tebal karena suhu disana cukup dingin.Untuk menikmati pemandanagan di atas awan anda harus sudah ada di Totombi minimal jam 4 subuh sampai pagi hari. Untuk biaya masuk cukup terjangkau cukup 15k saja. Bagi anda yang ingin mengabadikan monumen tersebut, pengelola menyediakn spot khusus untuk berfoto.

 

  7. Gunung Sesean

Gunung Sesean merupakan gunung dengan ketinggian yang mencapai 2100 Mdpl, Gunung sesean  menjadi primadona di Tana Toraja maupun Toraja Utara karena gunung ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. tindak hanya itu Gunung ini juga memberikan kesejukan, bagi  anda yang ingin berwisata atau mendaki di Gunung Sesean disarankan untuk menggunakan pakaian yang tebal, mengingat suhu di sekitar gunung ini cukup dingin. Wisata Gunung Sesean Toraja Utara terletak di Desa Sesean, Kecamatan Sesean Soloara, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Gunung Sesean wisata diatas awan toraja


Gunung Sesean juga merupakan gunung yang paling terkenal di daerah toraja yang bisa anda gunakan untuk berwisata. Bagi anda yang ingin berwisata diatas awan sangat disarankan untuk berkunjung ke gunung sesean,  karena di puncak seseang memiliki pemandangan yang dikelilingi hamparan lautan awan putih. tidak hanya itu, Sebelum anda sampai di gunung sesean anda akan melihat banyak tempat menarik untuk di kunjungi sebelum mendaki ke gunung sesean.

Related Posts:

2 Responses to "Berwisata Diatas Awan | Tanah Toraja"

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!