Souvenir Unik Khas Toraja | Wajib dimiliki

Souvenir Unik Khas Toraja  

Souvenir Khas Toraja,  Berwisata ke Toraja akan terasa kurang menyenangkan jika anda melewatkan kesempatan berbelanja berbagai jenis souvenir khas Toraja sebagai souvenir. Bukan liburan namanya jika tanpa souvenir. Jadi bagi anda yang berkunjung ke tanah toraja jangan lupa untuk membeli souvenir sebagai buah tangan.

Berikut ini beberapa Souvenir Unik yang wajib anda bawa sepulang dari Toraja.

1. Kopi Toraja

Kopi Toraja mengandung tingkat keasaman yang tinggi dan aroma yang khas hal ini menjadikan kopi Toraja bayak digemari oleh para penikmat kopi khususnya bagi wisatawan mancanegara.
souvenir kopi khas toraja

Tana Toraja juga merupakan daerah penghasil kopi kualitas ekspor. Bagi masyarakat Toraja, meminum kopi sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari, baik di acara resmi dan di waktu santai. Mencari kopi Toraja tidaklah sulit, kopi toraja tersedia di kios-kios souvenir, pasar, atau toko oleh-oleh. jadi, bagi anda yang berkunjung ke toraja tidaklah lengkap jika belum pernah mencoba kopi khas toraja.

2. Tau-Tau (Boneka Kayu)

Produk souvenir Tau-tau dibanderol dengan harga sekisar Rp.35 ribu sampai Rp.500 ribu perpasang tergantung tingkat ukuran dan kesulitannya.berikut contoh gambar souvenir Tau-Tau (Boneka Kayu).
 
souvenir tau-tau khas toraja yang wajib dimiliki

Detail ukiran Toraja yang khas dapat dilihat pada tau-tau atau boneka kayu. Tau-tau merupakan salah satu unsur wajib dalam upacara pemakaman suku toraja. Dalam bahasa setempat, tau berarti orang. Jadi, tau-tau kurang lebih berarti orang-orangan. Di upacara pemakaman suku toraja, keberadaan tau-tau memiliki fungsi untuk mengingat jasa orang yang sudah meninggal, sehingga tidak dilupakan oleh anak-cucunya kelak. Saat ini banyak yang menjual souvenir tau-tau versi mini yang bisa kamu bawa pulang.

3. Miniatur Tongkonan

Souvenir yang satu ini juga tak kalah uniknya dengan souvenir lainya yang bisa anda bawa pulang yaitu miniatur Tongkonan. Tongkonan merupakan rumah adat khas suku toraja sudah menjadi pemandangan yang lazim saat berkunjung ke Tana Toraja. 

souvenir miniatur tongkonan khas toraja

Rumah adat tongkonan memiliki atap yang menyerupai perahu, hal inilah yang membuat Rumah Tongkonan menjadi istimewa. Rumah Tongkonan khas toraja juga dibuat tanpa menggunakan campuran logam maupun semen (paku, baut, dan lain-lain), tetapi mampu berdiri kokoh. selain itu di bagian atap juga terdapat hiasan tanduk kerbau sebagai lambang kelas sosial pemiliknya. Begitu identiknya rumah Tongkonan dengan Tana Toraja sehingga dibuatlah miniatur tongkonan khas toraja sebagai souvenir unik, miniatur rumah adat ini paling laris dibeli wisatawan. Harga miniatur tongkonan mulai dari Rp50 ribu sampai Rp1,5 juta.

4. Tenun Toraja

Tenun Toraja merupakan salah satu souvenir yang paling laris dan menjadi incaran wisatawan ketika perkunjung ke Toraja. Dalam setiap upacara adat maupun tradisi di toraja, tenun Toraja wajib di gunakan. selain itu tenun toraja juga memiliki ciri khas tersendiri, seperti gambar di bawah.

souvenir tenun toraja

Tenun Toraja ini dikerjakan secara manual menggunakan alat tenun tradisional. selain itu tenun toraja juga memiliki corak yang unik dan indah, kaya dengan permainan garis berwarna merah, kuning, dan hitam. tenun toraja juga dibuat oleh pengrajin asli toraja dengan berbagai jenis dan bentuk seperti tas, selendang, ikat kepala dan lainya. Sentra tenun Toraja dapat di temui di Sa’dan To’barana. Di sana, anda dapat melihat dengan langsung perajin tenun Toraja dan membeli hasil karyanya. Disana anda juga bisa beli yang masih dalam berupa kain lebar atau yang sudah menjadi taplak meja atau. Harga tenun toraja ini sangat bervariasi, mulai dari Rp100 ribu sampai Rp4 juta. Harganya memang tidak murah, akan tapi sebanding dengan proses pembuatannya yang cukup rumit dan lama.

5. Aksesori Khas Toraja

Aksesoris khas teroja ini banyak di jumpai wisatawan di setiap destinasi yang dikunjungi.  Jadi bagi anda yang berkujung ke salah satu destinasi wisata yang ada di toraja harus membeli asesoris khas toraja agar dapat menjadi souvenir yang dapat anda bawa pulang untuk dihadiakan ke keluarga, teman, atau pacar.

souvenir berupa asesoris khas toraja

Asesoris khas toraja ini berupa kerajinan manik-manik yang didominasi warna oranye, kuning, merah, dan hitam. Asesoris khas Toraja juga sudah mulai dibuat sejak zaman leluhur. Pada pakaian adat Suku Toraja, bagi wanita menggunakan anting, hiasan kepala, dan kalung terbuat dari manik-manik. Aksesoris Toraja biasanya dilengakapi dengan warna merah, oranye, kuning, hitam, coklat, dan emas sebagai ciri khas suku toraja.

Related Posts:

0 Response to "Souvenir Unik Khas Toraja | Wajib dimiliki"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!