Wisata Religi Tanah Toraja

Wisata Religi Tanah Toraja

Wisata religi merupakan jenis wisata yang berhubungan dengan agama, adat istiadat, dan kepercayaan suatu masyarakat. Biasanya wisatawan mengunjungi tempat-tempat ibadah bahkan makam-makam orang tertentu. Jenis wisata ini banyak dijumpai di  Tanah Toraja, Tana Toraja memang selalu menyimpan keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung. diantaranya destinasi wisata religi yang ada di Toraja, yaitu Gua Tampang Allo dan Patung Terbesar Tuhan Yesus.

Tampang Allo

Wisata Tampang Allo yang berlokasi di Kelurahan Kaero, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. tampang allo ini dijadikan  sebagai destinasi wisata karena  memiliki historical  yang unik yang membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjungi destinasi wisata religi ini.
Tampang Allo Toraja

Tampang Allo adalah salah satu pemakaman tua yang ada di Tana Toraja. pemakaman ini berada di ketinggian sekitar 807 meter di atas permukaan laut, dan berada di Selatan Rantepao. Bagi anda yang akan berkunjung ke Gua Tampang Allo anda harus melewati bukit dan jalan perkampungan. Jalannya pun cukup kecil dan lokasinya sangat terpencil. Selama perjalanan anda akan melewati rumah Tongkonan khas Toraja yang sudah lapuk dan tidak digunakan lagi.
baca : Tradisi dan Upacara Adat Suku Toraja
Dalam Gua Tampang Allo terdapat Erong-erong (peti mayat berbentuk kerbau, babi dan perahu) yang tersusun rapi, yang menggantung di atas dinding gua bersama dengan tau tau. Semunya disusun berdasarkan status sosial orang yang meninggal tersebut. Di dalam gua juga terdapat stalagmit yang meneteskan air pada musim hujan,
pemakaman tampang allo toraja
Pemakaman Tampang Allo-toraja
 

Sejarah Singkat Tampang Allo

Destinasi Wisata Gua Tampang Allo merupakan pemakaman para raja sejak abad ke-16. Keunikan dan sejarah yang ada di Tampang Allo ternyata menyimpan kisah cinta abadi perjanjian suami istri penguasa Sangalla terdahulu mereka berjanji akan dimakam kan kelak di Tampang Allo, Sepasang suami istri itu bernama Manturino Puang dan Rangga Bulaan. Rangga Bulaan adalah gadis cantik yang dibesarkan oleh kera, ia meninggal lebih dahulu dan tubuhnya dimasukkan ke dalam Erong dan ditempatkan di sebuah gua TampangAllo. Tak lama sepeninggalan istrinya, Manturino Puang  juga meninggal saat dimasukkan ke Erong Puang dan dimakam di Losso yang berlokasi tidak jauh dari TampangAllo. Entah bagaimana kemudian Erong Puang itu kosong. Sementara tubuh telah bersatu dengan tubuh istrinya di TampangAllo.

Setelah sang penguasa sangalla meninggal dunia toraja menjadi kacau-balau karena serangan dari kerajaan Bone. Kemudian pusaka kerajaan yang disebut Rangga Bakasiroe 'diambil alih oleh Puang Musu' sebagai penguasa. Perang juga terjadi antara masyarakat daerah / lokal dan tentara Bone, akibatnya orang yang kehilangan ladang pertempuran dan kekayaan disita dan dibawa ke Madan daerah Bugis.
pemakaman tampang allo toraja

Puang Musu 'membawa pasukan Baka Siroe' untuk mengungsi ke Madan, ketika sedang menyeberang sungai Sa'dan Puang Karasiak membunuh "Musu Puang" dan mengambil Baka Siroe '. tetapi Keturunan Puang Musu 'selalu berusaha dengan cara apapun agar warisan BakaSiroe' dapat kembali ke tempatnya. pada tahun 1934, ada damai antara keturunan Puang Musu 'dengan keturunan Karasiak melalui perkawinan.
Dengan lahirnya keturunan dari perkawinan Puang Musu 'dengan Karasiak, Warisan Baka Siroe' diberikan kepada anak-anaknya untuk Menyimpan dan menjaganya. Demikian juga, tempat pemakaman mereka ditetapkan berada di Gua tampang Allo Sebagai perwujudan perjanjian dan sumpah suami dan istri.

Demikian ulasan mengenai Tampang Allo di Toraja. Wisata religi selanjutnya ialah Wisata Patung Tuhan Yesus di Buntu Burake.

 

Wisata Patung Tuhan Yesus di Buntu Burake

Destinasi Wisata Patung Tuhan Yesus ini telah di resmikan pada tanggal 31 agustus 2015 dan menjadi ikon di tanah toraja, Patung ini dibuat agar dapat mengembalikan kejayaan wisata Tanah Toraja yang telah mendunia.

Fakta unik tentang Patung Tuhan Yesus

patung tuhan yesus di toraja
Patung Tuhan Yesus-toraja
Patung Tuhan Yesus ini memiliki ketinggian yang mencapai 40 meter berukuran raksasa dapat dilihat dari puncak buntu burake. Patung Yesus di tanah toraja menjadi patung terbesar kedua di dunia setelah patung Kristus Raja di Polandia yang memiliki ketinggian 52,5 meter. Patung Yesus ini berlokasi di bukit Buntu Burake, makale kabupaten Tanah Toraja Sulawesi Selatan. Terletak sekitar 5 kilometer dari pusat kota makale.

Wisata Patung Yesus ini menadi simbol mayoritas dari warga kristen suku Toraja. destinasi wisata ini menjadi destinasi wisata religi bagi umat kristen, dak hanya wisatawan kristen saja wisatawan dari seluruh dunia juga berdatangan di tempat ini karena menjadi wisata yang menarik dan unik.
patung terbesar tuha yesus

Tak hanya ini Patung Tuhan Yeses ini terbuat dari coran perunggu dan proses pengerjaannya di yogyakarta. Patung ini kemudian dikirim dalam bentuk  kepingan lalu dirakit di Tanah Toraja. Patung ini juga memiliki landasan yang pencapai ketinggian 40 meter didirikan di puncak Bukit Burake yang memiliki ketinggian 1.100 mdpl.

Kawasan wisata ini sangat bersih dan memiliki lahan parkir yang cukup besar, maka dari itu destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung, beberapa gasebo juga tersedia di kawasan Patung Tuhan Yesus ini. Serta fasilitas-fasilitas pendukung lainya seperti toilet, penjual makan dan minuman, serta penjual souvenir. hal ini dilakukan agar para wisatawan ketika berada di sana bisa merasa nyaman
baca: Souvenir Unik Khas Suku Toraja

Related Posts:

0 Response to "Wisata Religi Tanah Toraja "

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!