Keindahan Rammang-Rammang

Keindahan Rammang-Rammang

Rammang-Rammang  merupakan Karst (pegunungan kapur) yang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. saat ini kawasan tersebut sudah menjadi salah satu tujuan wisata yanng sangat penting di Sulawesi Selatan. Rammang-Rammang ini terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat (batuan mudah terlarut), sehingga menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik dengan ciri exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan). selain itu, karst (pegunungan kapur) terbesar ketiga di dunia berada di Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, setelah China Selatan dan Vietnam.
pegunungan kapur rammang-rammang maros

 Asal mula Rammang-Rammang di Maros

Kata Rammang-Rammang berasal dari Bahasa Makassar, yang berarti sekumpulan awan atau kabut. dapat di lihat dari kondisi Rammang-Rammang yang selalu berkabut setiap paginya, hai ini disebebkan karena adanya pegunungan karst yang mengitari wilayah ini, baik dari sisi darat maupun sungai. Kondisi lingkungan tersebutlah yang membuat pemandangan Rammang-Rammang begitu indah dan eksotik!

Selain memiliki pemandangan yang indah, Rammang-Rammang juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa keren, diantaranya Telaga Bidadari, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, dan Kampung Berua. biasanya objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Kampung Berua. Anda bisa ke sana dengan menaiki perahu motor kecil menyusuri aliran Sungai Pute. Perjalanan and akan mulai dari Dermaga Rammang-Rammang di hulu Sungai Pute.
rammang-rammang maros


Berikut ini objek wisata yang dapat anda kunjungi ketika berkunjung ke Rammang-Rammang Maros.

1. Telaga Bidadari Rammang-Rammang

Telaga Bidadari berada di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Bagi anda ingin menikmati keindahan Telaga Bidadari ini, anda harus melewati sawah dan jembatan yang terbuat dari bambu, dan tebing. Memang perlu usaha untuk mencapai telaga ini. tapi, anda tidak perlu khawatir karena setibanya disana, rasa lelah anda akan tergantikan dengan suasana yang terasa begitu damai, sejuk dan anda juga dapat merasakan segarnya air dari telaga bidadari
telaga bidadari di maros
Telaga Bidadari-maros

Asal Mula Telaga Bidadari

Telaga Bidadari konon katanya merupakan tempat mandi para bidadari yang turun dari langit. Tetapi,  benar atau tidaknya, telaga ini tetap saja ramai di kunjungi oleh para wisatawan, baik siswa, mahasiswa, maupun masyarakat, tak hanya wisatawan lokal, wisatawan luar Negeri pun ingin merasakan kesejukan yang diciptakan Telaga Bidadari.

Yasir, adalah salah satu mahasiswa dari Universitas Hasanuddin yang mengatakan, "saya baru pertama kali datang kesini, awalnya hanya ingin menemani teman saja, tapi saat melihat cahaya matahari yang menembus bebatuan dan pantulannya sampai ke air saya merasakan kesejukan dan ingin kembali lagi berkunjung kesini", tuturnya.

Selain itu, telaga ini juga menjadi sumber air tawar bagi masyarakat sekitar Rammang-rammang, Telaga Bidadari juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan.


2. Taman Hutan Batu Kapur

taman hutan batu
Taman-Hutan batu
Taman Hutan Batu Kapur Rammang-Rammang ini hanya ada satu di Indonesia dan terbesar ketiga di dunia, setelah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar yang berda di peringkat pertama dan Taman Hutan Batu Yunan berada di posisi kedua yang ada di Cina. Taman Hutan Batu Rammang-Rammang memiliki 2 kompleks taman hutan batu, yakni yang berada di bagian utara dan selatan.

3. Gua Telapak Tangan

Salah satu yang menjadi keunikan dari kawasan karst Maros ini ialah banyak terdapat gua – gua dengan ornamen yang unik dan sungai bawah tanah. Gua – gua yang terbentuk dari pelarutan batu gamping ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat wisata alam namun merupakan bukti yang menyimpan sejarah kehidupan manusia di zaman purba. Selain Gua prasejarah Leang – Leang, kawasan karst Maros banyak terdapat situs purbakala diantaranya Gua Telapak Tangan.
gua telapak tangan
Gua-Telapak-Tangan
Bagi anda yang ingin mengunjungi Gua Telapak Tangan, anda harus melewati jembatan kayu Rammang – Rammang, dari jembatan kayu anda harus berbelok kiri menyusuri jalanan setapak dan melewati pematang sawah. Perjalanan menuju ke Gua Telapak Tangan memerlukan waktu kurang lebih 45 menit. Untuk mencapai gua, anda juga harus menaiki beberapa buah anak tangga.

Sesampai di sana anda akan meliaha bekas telapak tangan yang terdapat di langit – langit gua seukuran tangan anak kecil. Gambar telapak tangan ini hanya berjumlah satu buah saja dengan lima jari yang utuh. Di gua ini juga terdapat, bekas cap tangan berupa empat jari saja seukuran tangan orang dewasa yang dicat menggunakan tinta merah. Selain gambar telapak tangan, juga terdapat gambar lainnnya yang menyerupai gambar ikan dan tombak.

Di dalam gua terdapat mata air yang membentuk kolam kecil setinggi lutut orang dewasa. Keunikan gua yang ada di wilayah karst yakni stalaktit dan stalakmitnya menyatu, berukuran raksasa dan membentuk kolom. Stalaktit terbentuk dari tetesan air dari langit – langit gua yang mengkristal dan membentuk kerucut. Sedangkan stalakmit adalah batu yang tumbuh ke atas di lantai gua. Proses pembentukan stalaktit dan stalakmit berlangsung selama ribuan tahun. Jika formasi tersebut tumbuh bersama, hasilnya dikenal sebagai kolom. Kolom terbentuk dari stalaktit dan stalakmit yang tumbuh bersamaan dan menyatu membentuk seperti tiang. Kolom – kolom yang ada dalam Gua Telapak Tangan memiliki diameter cukup besar.

4. Sungai Pute

sungai pute di rammang-rammang
Sungai-Pute

Sungai Pute merupakan sebuah sungai yang berada di Kabupaten Maros tepatnya di Desa Rammang-Rammang. Sungai ini memiliki keunikan yaitu hamparan karst-nya yang menjulang tinggi, yang  luasnya mencapai 4.500 hektar, desa ini disebut juga sebagai desa karst.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, Anda bisa naik angkutan umum jurusan Pangkep dari kawasan bandara. Sekitar 20 km perjalanan, Anda akan sampai di pertigaan jalan menuju pabrik semen Bosowa. Selanjutnya, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Dermaga Rammang-Rammang sekitar 10 sampai 15 menit dengan jalan kaki.

Sesampainya di sana, Anda bisa menyewa perahu dari dermaga. Harganya pun tergantung Anda menawar. Harga yang dipatok oleh nelayan yaitu mulai dari 120 ribu sampai 150 ribu Rupiah untuk perjalanan pulang pergi.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang begitu cantik. Mulai dari hamparan tebing karst yang menjulang tinggi, burung-burung yang bertebangan hingga pepohonan hijau yang terlihat menyegarkan. Seakan mengajak Anda berada di Green Canyon dan Amazon dalam satu tempat. Padahal Anda ada di Sungai Pute Makassar.

Setibanya Anda di Dermaga Berua, Anda akan menikmati pemandangan landmark berupa gugusan karst yang tak kalah cantiknya selama perjalanan. Di sana, Anda juga bisa bertualang menyusuri persawahan dan menikmati keindahan dari hamparan hijaunya sawah. Rasanya menjadi pengalaman tak terlupakan.

5. Gua Berlian

gua berliian rammang rammang
Gua Berlian-Rammang Rammang
Gua berlian adalah sebuah gua yang masih murni, didalam gua ini terdapat banyak kandungan berlian yang masih alami. Ada satu hal yang masyarakat setempat percayai ketika ada orang yang mengambil sebuah bongkahan yang mengandung berlian dari dalam gua tersebut maka akan mendatangkan musibah.

Kala musim kemarau tiba pegunungan ini akan nampak kecoklatan, kontras dengan perairan yang ada disekelilingnya, ketika musim penghujan tiba maka daerah disekitar gunungnya akan ditumbuhi tanaman-tanaman berwarna hijau bak diselimuti karpet hijau.

6. Gua Kingkong

gua kingkong


Dengan bentuk yang tidak biasa, Batu Kingkong tersebut menjadi salah satu spot yang diincar turis saat menjelajah Rammang-rammang. Banyak yang selfie ataupun foto ramai-ramai dengan latar Batu Kingkong.

Nah, untuk mencapai lokasi batu ini, traveler harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari dermaga di Kampung Berua. Yang akan dilewati adalah jalan setapak di antara sawah-sawah, dengan latar pegunungan karst yang cantik.

7. Gua Kunang-Kunang 

gua kunang kunang
Gua Kunang-Kunang
Goa Kunang-Kunang yang dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmi yang menjadikan gua ini terlihat indah dengan batu-batu yang mengeluarkan cahaya berkelap kelip seperti kunang-kunang. Konon katanya dahulu Goa ini merupakan istana kunang-kunang, namun faktanya jika kita memasuki area dalam goa ini, setelah mencapai kedalaman kurang lebih 20 meter kira akan menemukan sebuah bongkahan batu yang mirip altar yang mana jika bebatuan itu terkena cahaya dari lampu senter kita makan bebatuan itu akan memantulkan cahaya berkelap kelip seperti kunang-kunang. Selain itu beberapa bagian stalaktit dan stalakmi bila dipukul-pukul akan mengeluarkan suara yang merdu, saya tercengang. Perut gunug batu ini menyimpan banyak rahasia keindahan dalam kegelepannya.

Related Posts:

0 Response to "Keindahan Rammang-Rammang"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel.!